Wujud Kacamata Abad 17 dengan Dilelang Nyaris Rp50 Miliar

Jakarta, CNN Indonesia —

Dua pasang kacamata dari  abad ke-17 diperkirakan akan terjual jutaan dolar di acara lelang Sotheby’s bulan depan.

Kacamata bertatahkan permata lensa yang terbuat sebab berlian dan zamrud ini diyakini semula milik menak di Kekaisaran Mughal, dengan pernah memerintah anak negeri India.

Pra dilelang pada Oktober kelak, kacamata ini akan bertambah dulu dipamerkan ke terbuka dengan berkeliling ke New York, Hong Kong, dan London.


Menurut bos Sotheby’s Timur Tengah dan India, Edward Gibbs, kacamata adalah contoh yang sangat langka sejak kerajinan perhiasan Mughal.

“Sejauh yang kami tahu, tidak ada teristimewa yang seperti ini, ” katanya kepada CNN .

Kelangkaan perspektif ini juga berkaitan di dalam ukuran lensa permata itu. Lensa dalam satu pasang kacamata itu dikenal sebagai “Halo of Light”, yang diyakini telah dipahat sejak satu berlian 200 karat yang ditemukan di Golconda, sebuah wilayah di negara bagian Andhra Pradesh & Telangana di India masa ini.

Sotheby’s bahkan memperkirakan berlian aslinya mungkin yang terbesar yang pernah ditemukan.

Kacamata abad 17 yang dijuluki sebagai “Halo of Light” itu diyakini telah dipahat daripada berlian 200 karat. (Courtesy of Sotheby’s)

Sementara satu perangkat kacamata lainnya dijuluki “Gate of Paradise, ” yang diyakini telah dipahat sejak zamrud Kolombia dengan mengandung lebih dari 300 karat.

Ukuran tekak asli mengisyaratkan identitas pemilik pertama kacamata itu, secara Gibbs berspekulasi bahwa kacamata itu “hanya bisa dimiliki” oleh seorang kaisar, bilangan dalam dirinya, atau seorang punggawa berpangkat tinggi.

Hijau juga ialah warna yang terkait baik dengan surga, keselamatan, serta kehidupan abadi dalam Agama islam, agama yang diyakini sebab penguasa Mughal.

Kacamata masa 17 yang dijuluki sebagai “Gate of Paradise” tersebut diyakini telah dipahat daripada zamrud Kolombia dengan mengandung lebih dari 300 karat. (Courtesy of Sotheby’s)

Sotheby’s memperkirakan kedua pasang kacamata tersebut akan dijual dengan harga masing-masing antara US$2, 1 juta hingga US$3, 5 juta atau sekitar Rp29, 8 miliar hingga Rp48, 9 miliar.

Meskipun kacamata ini mungkin berusia berabad-abad, tapi rangka berkilaunya tampak sangat mutakhir. Anggota grup hip-hop Migos sempat dikenal dengan kacamata Cartier bertatahkan berlian, sementara Kylie Jenner terlihat memakai kacamata berhiaskan berlian buram ke Met Gala & di media sosial.

“Daya tarik perhiasan, batu-batu cerah, dan benda-benda berkilau langgeng ada sepanjang zaman, tidak? ” kata Gibbs.

“Budaya pop dan selebriti masa kini merangkul mode ini adalah bahan gaya abadi dan khasiat perhiasan India. ”

Kacamata tersebut akan dipajang di showroom Sotheby’s New York pada 17-19 September.

(agn)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.