Uji Klinis Fase III Vaksin China Anhui Raup 300 Relawan

Bandung, CNN Indonesia —

Sebanyak 300 orang sudah mendaftar menjadi relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19   yang dikembangkan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co. Ltd. Uji klinis  vaksin corona ini dijadwalkan bakal dimulai pada awal Maret 2021.

Pada Indonesia, uji klinis fase III vaksin Anhui ditargetkan merekrut 4. 000 pokok relawan yang terbagi dalam dua wilayah yaitu Bandung dan Jakarta. Masing-masing daerah memiliki 2. 000 target subjek penelitian.

Sebanyak 200 dari dua. 000 subjek tersebut hendak dilakukan pemeriksaan respon kalis terhadap tubuh atau dengan lebih dikenal dengan imunogenisitas.



“Sampai hari ini telah ada 300 orang lebih yang mendaftar sebagai sukarelawan. Kami akan terus menelungkupkan rekrutmen pendaftaran sampai simpulan April 2021, ” kata pendahuluan peneliti utama uji klinis fase III vaksin rekombinan Covid-19 Anhui Rodman Tarigan di Gedung RS Pendidikan Kedokteran Unpad, Kota Bandung, Selasa (2/3).

Tentang vaksin Anhui

Vaksin buatan Anhui adalah macam vaksin rekombinan atau sub unit protein. Sehingga, platform vaksin diambil dari spike glikoprotein (protein paku yang mengelilingi bodi virus corona) atau bagian kecil virus yang akan memicu kekebalan tubuh saat disuntikkan ke tubuh manusia.

Berbeda dengan vaksin dengan menggunakan platform berupa virus yang dilemahkan (attenuated virus) dan virus yang dimatikan (inactivated virus), vaksin rekombinan berbasis platform spike glycoprotein (protein S) dari Roman corona virus secara teori dapat memicu pembentukan titer antibodi yang lebih tinggi dan mampu memberikan proteksi yang lebih komprehensif.

“Protein S di dalam corona virus sendiri berlaku untuk memediasi penempelan & masuknya virus ke organ makhluk hidup yang terinfeksi, ” ujar Rodman.

Metode relawan

Rodman menyatakan pihaknya akan terus mengintensifkan kampanye kepada umum untuk menjadi sukarelawan. Tapi uji klinis ini tidak berlaku bagi masyarakat dengan sudah mendapat vaksin ataupun pernah menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac.

“Prinsip uji klinis kesukarelaan, tanpa ada paksaan. Tentunya ketika ikut hendak kami informasikan apa yang boleh dan tidak, ” ucapnya.

Keuntungan Peserta Vaksin Anhui

MENYUARAKAN HALAMAN BERIKUTNYA

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.