Tersangka Positif Covid-19, Sidang Charlie Hebdo Ditunda

Tersangka Positif Covid-19, Sidang Charlie Hebdo Ditunda

Jakarta, CNN Indonesia —

Proses persidangan kasus teror penembakan di dewan redaksi majalah satire Prancis , Charlie Hebdo , ditunda akibat sejumlah tersangka dinyatakan positif terinfeksi  virus corona (Covid-19).

Seperti dilansir AFP , Senin (2/11), salah satu terdakwa pokok, Ali Riza Polat, dan dua lainnya dilaporkan positif Covid-19. Alhasil, hakim memutuskan menunda persidangan datang seluruh terdakwa pulih.

“Dari pandangan adat kesehatan dan keperluan isolasi bagi para terdakwa, maka sidang tidak bisa dilanjutkan pada pekan itu, ” kata kuasa hukum terdakwa, Regis de Jorna, melalui surel,


Jorna mengatakan wasit akan dilanjutkan jika hakim sudah menerima hasil tes lanjutan lantaran para terdakwa.

Menurut dia, dua terdakwa lain dengan tidak disebutkan namanya juga sedang diawasi kondisi kesehatannya karena mengatur kontak dengan mereka yang pasti corona.

Para terdakwa itu dituduh membantu dua karakter penembakan di kantor redaksi Charlie Hebdo, Cherif dan Said Kouachi, yang menewaskan 12 staf.

Jorna mengajukan nota keberatan (eksepsi) bagi para-para terdakwa untuk sidang pada 6, 9, 10, dan 11 November. Dia berharap hakim memberikan kesimpulan pada 13 November mendatang.

Saat ini pemerintah Prancis kembali memberlakukan pembatasan akibat kemajuan jumlah kasus infeksi Covid-19.

Para terdakwa yang diadili di pengadilan terorisme Prancis dituduh membeli senjata, mobil, dan menolong kegiatan logistik untuk pelaku. Umum dari mereka mengatakan awalnya itu berpikir hanya membantu merencanakan kesalahan biasa.

Tiga orang termasuk satu-satunya wanita yang dituduh, diadili secara in absentia (tanpa kehadiran) setelah keluar negeri untuk bergabung dengan ISIS.

Beberapa besar dari 11 orang dengan akan muncul di persidangan bersungguh-sungguh bahwa bantuan mereka dalam pembunuhan massal itu dilakukan tanpa itu sadari.

(ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.