Satgas Waspadai Kasus Covid Baru sebab Jemaah Umrah

Satgas Waspadai Kasus Covid Baru sebab Jemaah Umrah

Jakarta, CNN Indonesia —

Spesialis Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19  Wiku Adisasmito mewaspadai masuknya kejadian covid-19 melalui imported case atau urusan dari luar negeri.

Hal itu disebabkan perjalanan sejak Indonesia ke luar negeri maupun sebaliknya mulai dilakukan kembali, laksana kegiatan umrah dan kedatangan pelaku migran Indonesia (PMI).

Wiku mengatakan bakal berupaya menerapkan karantina dan pengetesan menggunakan metode swab demi menyekat masuknya imported case .


“Dengan penambahan kasus di Eropa, maka kita harus waspada menjaga perbatasan kita, terutama pekerja migran yang kembali ke indonesia, hal-hal lain misalnya umrah, kita harus betul-betul menerapkan karantina, melakukan swab, sehingga tidak ada imported case ke indonesia, ” tutur Wiku dalam ‘Dialog Penanganan Covid, Pemulihan Ekonomi Nasional, dan Ketahanan Pangan’ di Youtube BNPB, Senin (9/11).

Wiku mengklaim, 8 bulan kejadian covid-19 di Indonesia membuat Indonesia berpengalaman dalam kerja sama menekan angka kasus covid-19. Dengan kegiatan sama berbagai pihak dan elemen, Wiku yakin kasus covid-19 pada Indonesia bisa ditekan.

“Bisa saja di tempat lain naik kasusnya, tapi di Nusantara terjaga karena kita sudah kompeten 8 bulan bekerja sama, & prestasi ini adalah prestasi beriringan Indonesia, ” ucap Wiku.

Di Indonesia, kegiatan umrah mulai berlangsung kembali pada simpulan Oktober lalu. Penyelenggaraan ibadah umrah sendiri mulai dibuka kembali oleh Pemerintah Arab Saudi pada 1 November ini.

Sejauh ini, ditemukan 3 orang jemaah umrah asal Indonesia telah dinyatakan positif covid-19 sesudah melakukan swab ulang di suatu hotel di Mekkah, Arab Saudi pada minggu lalu.

Konsul Haji KJRI di Jeddah, Endang Jumali menyatakan tiga karakter jemaah yang berstatus positif virus corona itu kini tengah melakukan isolasi di tempat terpisah dengan jemaah lainnya.

Hal tersebut sudah sesuai protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan tubuh Kerajaan Arab Saudi.

(mln)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.