Satgas Pemulihan Ekonomi akan Petakan Sektor Terdampak Corona

Satgas Pemulihan Ekonomi akan Petakan Sektor Terdampak Corona

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemimpin Satuan Tugas (Satgas)  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin   mengaku bakal mengidentifikasi sektor-sektor usaha yang paling terdampak pandemi virus corona. Hal ini dilakukan untuk menentukan program ekonomi yang harus dibuat dalam memperbaiki perekonomian domestik.

“Ke depannya Pak Menteri (Menteri BUMN Erick Thohir) sudah memberikan arahan biar kami bisa mengidentifikasi sektor-sektor mana yang memang pertumbuhannya paling tersentuh dampak, kami nanti akan berdebat dengan semua pemangku kepentingan, ” ungkap Budi dalam video conference, Senin (20/7).

Pengelola kepentingan yang dimaksud Budi mulai dari sektor swasta, pemerintah daerah (pemda), pemerintah pusat, dan kementerian/lembaga (k/l). Masing-masing pihak akan dimintai pendapat dalam menyusun program perekonomian jangka panjang.


“Kami akan susun program-program prioritas dengan tajam untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia, ” terang Budi.

Ia sejumlah salah satu program yang jelas akan dilanjutkan adalah bantuan sosial (bansos). Lalu, program padat karya yang dilakukan tiap kementerian pula akan dilanjutkan.

“Program-program yang menjaga pendapatan baik itu pekerja formal maupun informal akan terus kami jalankan. Kami mau terus menggali ide bagaimana bisa meningkatkan pendapatan negara, ” sirih Budi.

Dalam jalan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan program yang dibuat di sektor ekonomi dan kesehatan nantinya akan dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Setelah itu, pihaknya juga akan melaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Hari ini kami telah memiliki arahan langsung membuat rapat internal di mana kami harapkan nanti sudah ada garis besarnya, jadi besok malam atau Rabu ana bisa sampaikan ke Pak Menko Perekonomian, ” jelas Erick.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Erick untuk menjadi ketua pelaksana tim penanganan pandemi virus corona dan pemulihan ekonomi nasional. Pembentukan tim ini tercatat dalam peraturan presiden (pp).

Airlangga bilang Erick mau melakukan koordinasi antara satuan perintah penanganan virus corona yang diketuai oleh Doni  Monardo dan dasar tugas baru terkait pemulihan ekonomi nasional yang dipimpin Budi.

“Pak Erick sebagai yang mengkoordinasikan ketua satgas perekonomian dan ketua satgas penanganan virus corona, ” kata Airlangga.

Airlangga bilang tim ini secara keseluruhan bertugas memantau perkembangan ekonomi, program ekonomi jangka panjang, kelanjutan kasus virus corona, ketersediaan logistik tes, dan perkembangan vaksin.

[Gambas:Video CNN]

(aud/sfr)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.