Sarana Terbaru Perjalanan Kereta Obor dan Angkutan Darat

Jakarta, CNN Indonesia —

Satgas Penanganan Covid-19 merilis  syarat terbaru untuk karakter perjalanan dalam negeri atau jarak jauh. Syarat itu berlaku berbeda di setiap daerah dengan kategori PPKM   Level 4 dan 3, serta Kelas 2 dan 1.

Untuk perjalanan secara moda transportasi laut & darat menggunakan kendaraan karakter, umum, penyeberangan, dan gerobak api di daerah kategori PPKM Level 4 dan 3, maka wajib menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama dan hasil negatif RT-PCR dengan kurun waktu sampel 2×24 tanda sebelum keberangkatan.

Sementara, untuk pelaku penjelajahan di daerah kategori PPKM Level 2 dan satu, dapat menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil 2×24 jam sebelum jam keberangkatan atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.


Selain syarat di atas, pelaku perjalanan juga wajib mematuhi protokol kesehatan 6M dan penggunaan masker. Karakter perjalanan juga tidak diperkenankan berbicara dan makan menelan sepanjang perjalanan.

Aturan baru ini termaktub dalam Surat Edaran Bagian 16 Tahun 2021 mengenai Ketentuan Perjalanan Orang Di Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19, yang ditandatangani sebab Kepala BNPB selaku Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

“Bahwa sampai saat ini nilai positif harian kasus covid-19 masih belum menurun istimewa, maka dipandang perlu buat memutus mata rantai transmisi dengan membatasi aktivitas kunjungan masyarakat, ” tulis dasar SE tersebut, dilansir Selasa (27/7).

Keputusan ini ialah hasil evaluasi lintas sektoral yang dilakukan dengan masukan kepatuhan protokol kesehatan kelompok masih rendah dan menyampaikan peluang meningkatnya penularan covid-19.

Adapun, PPKM berjenjang dari tingkat pusat hingga komunitas yang penetapannya didasarkan pada asesmen golongan tingkat kabupaten/kota dari indikator penyesuaian upaya kesehatan klub dan pembatasan sosial sebab Menteri Kesehatan.

Syarat lainnya, pelaku kunjungan dengan usia di lembah 12 tahun dibatasi tatkala waktu.

[Gambas:Video CNN]

(bir/sfr)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.