Petugas Selidiki Pengusiran Tim Vaksinasi di Aceh

Banda Aceh, CNN Indonesia —

Polda Aceh   akan menyelami kasus warga yang mengusir  petugas vaksin saat menjalankan tugas di Markas Pendaratan Ikan (PPI), Ujong Serangga Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Selasa (28/9).

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan  menyebut ada unsur kekerasan dan perusakan di kedudukan kejadian.

“Kita akan tetap lakukan penyelidikan. Kerusakannya lumayan parah. Dalam mana satu posko gerai, 9 vial vaksin, 33 vial vaksin Sinovac, jalan medis berupa masker, hand sanitizer , alat tensi, jarum suntik dan obat-obatan rusak serta tidak bisa digunakan teristimewa, ” kata Winardy, di keterangannya, Selasa (28/9).


Selain itu, satu gaya kesehatan (vaksinator) atas serupa mengalami lebam di betis kanan bagian belakang akibat terkena benturan kursi plastik.

Winardy mencari kejadian itu karena kurangnya edukasi tentang pentingnya vaksinasi, yang merupakan salah utama faktor pemicu terjadinya gerak laku penolakan vaksinasi dan pengrusakan gerai oleh para distributor Ikan dan warga dalam PPI Ujung Serangga.

Dari informasi yang diperoleh pihaknya, para penyalur Ikan yang berjumlah sekitar 300 orang tersebut hangat dan tidak mau mengikuti kegiatan vaksin yang diadakan oleh pihak Polsek Susoh, Koramil/04 Susoh, Pol Airud, dan Puskesmas Sangkalan.

Alasannya, kegiatan vaksinasi tersebut membuahkan pengunjung di PPI Pucuk Serangga sepi dan mempengaruhi pendapatan mereka.

Terkait kejadian penolakan tersebut, kata Winardy, Polda Aceh melalui Polres Aceh Barat Daya akan melakukan langkah-langkah persuasif dan edukatif mengenai pentingnya vaksinasi baik untuk masyarakat, nelayan, maupun para-para Moge Ikan di PPI tersebut.

Oleh karena itu, Winardy menodong kepada Forkopimda Aceh Barat Daya yang dibantu sebab Muspika setempat, untuk terus memberikan edukasi-edukasi terkait pentingnya vaksinasi agar kejadian seragam tidak terulang lagi.

“Saat ini, situasi di PPI Ujung Serangga sudah membantu dan masyarakat sudah tiba memahami akan pentingnya vaksinasi tersebut, ” ucapnya.

(dra/arh)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.