Peristiwa Positif Klaster RM di Probolinggo Bertambah Jadi 15

Peristiwa Positif Klaster RM di Probolinggo Bertambah Jadi 15

Jakarta, CNN Indonesia —

Sebanyak tujuh orang karyawan Sendi Makan (RM) Rawon Nguling yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo , terkonfirmasi positif  virus corona (covid-19). Angka kasus itu menambah klaster penyebaran pada rumah makan ini menjadi 15 orang.

Temuan tujuh karyawan berdasarkan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau swab terhadap total 24 karyawan, yang keluar pada Kamis (6/8) siang kemarin.

“Sebanyak 17 orang masih dilakukan karantina 14 hari, ” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Anang Akhlak Yoelijanto, dikutip dari siaran CNNIndonesia TV , Jumat (7/8).


Penelusuran klaster ini berawal dari pemilik RM yang meninggal dunia karena covid-19 pada Minggu (2/8). Kemudian sehari setelahnya, anak dari pemilik juga meninggal dunia akibat terinfeksi covid-19, pada Senin (3/8).

Setelah itu, Awak Gugus Tugas Percepatan dan Pengerjaan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, melakukan penelaahan kontak dan ditemukan enam orang dari keluarga pemilik RM juga terinfeksi covid-19.

Saat ini, total 13 orang yang nyata covid-19 menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sehat yang telah difasilitasi Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sedangkan, 17 karyawan lain yang negatif covid-19, tetap menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, dengan pengawasan dari tim medis setempat.

Penyemprotan desinfektan dan sterilisasi juga dilakukan di area RM Rawon legendaris tersebut.

Sebelumnya, klaster penyebaran covid-19 melalui Sendi Makan juga terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat. RM Tempat tinggal Bahrein menjadi klaster baru penyebaran covid-19, usai pemilik rumah santap tersebut positif terinfeksi covid-19 dan meninggal dunia di RSUD Praja Bogor, Sabtu (1/8) lalu.

RM Pondok Bahrein ditutup oleh Gugus Tugas sejak Jumat (31/7) lalu selama 14 keadaan. Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim mengatakan ada delapan karakter positif corona di rumah sajian tersebut. Karena itu ditetapkan oleh karena itu klaster baru.

Tengah itu, data perkembangan kasus covid-19 di Kabupaten Probolinggo per Kamis (6/8) tercatat 261 orang positif terkonfirmasi terinfeksi virus corona. Sebab angka itu, 23 orang sedang menjalani perawatan intensif, kemudian 10 orang dinyatakan meninggal dunia, serta 219 orang berhasil pulih.

(mln/ain)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.