Periode I New Normal Jabar, Emil Bakal Buka Industri dan Biro

Periode I New Normal Jabar, Emil Bakal Buka Industri dan Biro

Jakarta, CNN Indonesia — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil   menyebut industri dan perkantoran adalah sektor yang akan dibuka terlebih dahulu dalam skenario  new normal atau adaptasi kebiasaan perdana (AKB) di wilayah zona biru di provinsi tersebut.

Menurut Emil, hal itu didasarkan lantaran pertimbangan ilmiah baik secara masukan di lapangan maupun kesiapan pola pengendalian virus corona Covid-19 di Jawa Barat.

“Hasil kajian ilmuwan di Jawa Barat, kegiatan ekonomi yang didahulukan itu adalah yang risiko kecil tapi dampaknya terhadap ekonomi luhur, ” kata Ridwan Kamil pada Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (29/5).

“Jadi, tahapan prima bidang ekonomi adalah industri & perkantoran, ” lanjutnya.

Setelah industri dan perkantoran, Emil menyuarakan mal, ritel, dan tempat aktivitas jual beli dengan mobilitas tinggi adalah sektor selanjutnya. Akan namun, Emil memberikan syarat kepada daerah tersebut.

“Kepada mal & ritel, wajib mengeluarkan surat pernyataan bahwa ‘kami memahami protokol kesehatan yang berlaku di saat AKB. Kalau kami melanggar, siap disanksi’, ” ucapnya.

Emil juga meminta ada penanggung pikiran mal terkait pelaksanaan protokol kesehatan tubuh. “Dan menitipkan satu orang gabungan tugas di tempat itu, buat nanti ketika ada petugas, mampu langsung dikontrol, ” lanjutnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebelumnya telah mengevaluasi PSBB tingkat provinsi yang diberlakukan hingga 29 Mei. Hasilnya, Jawa Barat memiliki 60 persen atau 12 kawasan zona kuning (Level III), & 40 persen atau 15 wilayah zona biru (Level II).

Nantinya, 15 kabupaten/kota di kawasan biru itu diizinkan untuk menerapkan new normal atau di Menjelajahkan dikenal dengan sebutan AKB.

Kelima belas daerah yang masuk kriteria zona biru yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Dukuh, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, serta Kota Tasikmalaya. (hyg/end)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.