Pejabat Senior Hamas Berharap Lekas Ada Gencatan Sejata

Jakarta, CNN Indonesia —

Pejabat Superior Hamas , Moussa  Lebu Marzouk mengharapkan  gencatan senjata dengan  Israel dapat dilakukan dalam kepala atau dua hari ke depan.

Seroang pejabat senior Hamas dikuti dari Reuters , mengatakan bahwa kelompoknya berharap tentara Israwl dan pasukan militan di Gaza mencapai gencatan senjata. Dengan begitu dalam satu ataupun dua hari ini maka kekerasan lintas perbatasan sepanjang 10 hari terakhir bakal berakhir.

“Saya pikir cara yang sedang berlangsung terpaut gencatan senjata akan berhasil, ” tutur pejabat politik senior Hamas Moussa Serbuk Marzouk dalam wawancara dengan TV al-Mayadeen Lebanon dikutip Reuters , Rabu (19/5).


“Saya berharap gencatan senjata dicapai dalam utama atau dua hari & gencatan senjata berdasarkan kesepakatan bersama, ” imbuh dia.

Adapun Israel sebelumnya menyatakan masih memikirkan waktu yang tepat untuk melakukan gencatan senjata dengan kelompok-kelompok di Jalur Gaza, Palestina.

“Kami masih memantau kapan zaman yang tepat untuk gencatan senjata, ” ujar seorang sumber militer Israel pada AFP , Rabu (19/5).

Sumber itu mengatakan bahwa salah satu pertimbangan mereka saat ini adalah kapasitas tempur Hamas sudah menurun sesuai yang mereka inginkan atau belum.

“Pertanyaannya ialah apakah Hamas sudah mengarungi pesan bahwa serangan peluru mereka ke Israel tidak boleh lagi ada, ” ucap sumber itu.

Perseteruan sengit antara negara di Timur Pusat itu terjadi sejak 10 Mei. Saling serang jarang tentara Israel dan gabungan militan Hamas mengakibatkan objek dari warga sipil.

Serangan Israel menggulung tujuh orang termasuk seorang pria difabel, istrinya dengan sedang hamil dan bani mereka yang berusia tiga tahun di kantong Palestina yang terkepung di Gaza pada Rabu.

Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan sejumlah orang meninggal karena luka yang diderita pada hari-hari sebelumnya. Sehingga kini seperti dikutip AFP , korban tewas mencapai 227 orang akibat serangan Israel dalam jalur pantai sejak 10 Mei.

Rangkaian peristiwa perselisihan Palestina-Israel di Gaza. (CNN Indonesia/Fajrian)

(Reuters/AFP/nma)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.