Mengintip Kesiapan Mal Jelang Buka Teristimewa Mulai Senin Besok

Mengintip Kesiapan Mal Jelang Buka Teristimewa Mulai Senin Besok

Jakarta, CNN Indonesia — Sejumlah tengah perbelanjaan atau  mal di DKI Jakarta   telah siap jalan kembali mulai Senin (15/6) nanti walau penyebaran  virus corona belum selesai. Operasi dilakukan seiring  lampu hijau yang diberikan  Pemda DKI  Jakarta.

Salah satu kepala yang siap operasi, Mal Central Park dan Neo Soho di Jakarta Barat. Kedua mal tersebut telah menyiapkan sejumlah  aturan bagi para pengunjung. Aturan baru tersebut mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

Aturan  itu antara asing, melakukan pengecekan suhu tubuh pada pintu-pintu masuk, menerapkan jaga tenggang fisik ( physical distancing ) kepada para pengunjung satu meter di lift , eskalator, dan di setiap antrian di area mal. Selain itu, pengelola mewajibkan setiap pengunjung Central Park dan Neo Soho menggunakan masker.

Silviyanti Dwi Aryati, Asst. Marcomm and Relation General Manager Central Park dan Neo Soho mengucapkan operasional mal  akan dilakukan semasa sembilan jam mulai pukul 11. 00 WIB sampai dengan 20. 00 WIB. ” Tenant yang menjual hajat pokok sehari-hari, farmasi, dan perbankan akan buka satu jam bertambah awal, ” ujarnya dalam fakta resmi yang diterima CNNIndonesia. com.

Untuk mendukung keamanan proses, pengelola Central Park dan Neo Soho menyediakan fasilitas hand sanitizer otomatis di beberapa titik. Ini dikerjakan, agar pengunjung bisa menggunakan hand sanitizer tanpa harus bersentuhan langsung.

Selain itu, pengelola mal menerapkan inovasi baru  berupa rencana touchless experiences (tanpa menyentuh langsung) di beberapa fasilitas mal salah satunya, lift . Tamu hanya meletakan telapak tangan dalam atas sensor button (tombol sensor) dengan jarak 10 sentimeter.

Nantinya, tombol lift akan aktif untuk naik ataupun turun. Pemimpin juga memberikan fasilitas foot pedal pada lift di area mal, dimana tamu menginjak pedal list sesuai lantai tujuan alih-alih memencet tombol.

“Tujuannya agar para pengunjung mampu menghindari kontak langsung memakai tangan untuk memilih lantai yang dituju, ” imbuhnya.

Saat awak CNNIndonesia. com mengunjungi mal, dalam Minggu (14/6), terdapat hal istimewa yang disiapkan pengelola. Itu, berselirat dengan mesin jual otomatis ( vending machine ) yang menyediakan masker hingga hand sanitizer . Semacam kita tahu, vending machine ini lazimnya menjual minuman.

Sehari jelang pembukaan, mal Central Park sendiri masih menutup akses untuk tenant . Mereka hanya membuka akses ke lantai LG yang berisi tenant hajat pokok sehari-hari dan farmasi.

Namun demikian, sejumlah tamu, tampak mendatangi Central Park, elok secara individu maupun mengajak dan keluarga. Mereka menggunakan masker dan tetap menjaga jarak fisik.

[Gambas:Video CNN]Tidak hanya pengelola mal, pemilik restoran di lantai LG tampak mempersiapkan gerainya menyambut pembukaan esok hari. Sejumlah toko memasang tanda pemisah tempat duduk bagi pelanggan yang akan makan di tempat ( dine in ). Salah satunya, Zenbu House of Mozaru.

Restoran masakan Jepang ini, akan menyediakan fasilitas dine in kepada pengunjungnya mulai besok. Selama ini, mereka hanya menutup layanan untuk dibawa pulang ( take away ).

Teti (31), salah satu pegawainya mengatakan persiapan jelang awal yakni memasang pembatas pada status.

“Kami pasang pembatas, karena 50 persen kapasitasnya tak dipakai, ” ujarnya kepada CNNIndonesia. com.

Selain itu, setiap pembeli yang datang akan dikerjakan pengecekan suhu tubuh. Pihak restoran juga menyediakan hand sanitizer bagi pengunjung.

Sejumlah pengunjung tentu datang untuk membeli makanan dengan take away . Selain itu, beberapa pengemudi ojek daring sedang menunggu pesanan makanan yang akan diantar kepada konsumen.

“Kami juga menyediakan antrian waiting list di luar bagi pengunjung kalau restorannya sedang penuh, ” ujarnya.

Menghadap persiapan pembukaan besok, sejumlah aparat cleaning service tampak berlalu lalang membersihkan area Central Park. Sayangnya, pengunjung belum diberikan akses selain dalam lantai LG. Petugas kebersihan membakar sirkulasi udara sebelum mal sibak setiap hari dan sanitasi desinfektan secara berkala di setiap sudut-sudut mal serta tenant.

Selaku, pengelola Mal Senayan City pula memberikan fasilitas touchless di area lift dan beberapa titik yang sering dimanfaatkan oleh pengunjung. Mereka juga melakukan pengecekan suhu tubuh, mewajibkan penerapan masker jaga jarak minimal mulia meter, dan melakukan sterilisasi tas menggunakan sinar UV-C saat tamu masuk.

Leasing and Marketing Communication GM Senayan City Jaclyn Halim mengatakan Senayan City memajukan frekuensi pembersihan pada area yang terjadi kontak fisik seperti bincul lift dan eskalator yang sudah semenjak awal Februari 2020.

“Senayan City meningkatkan protokol kesehatan tubuh selama berbelanja, saat menikmati sasaran di restoran favorit hingga penerapan fasilitas yang sudah disediakan, ” katanya dalam keterangan resmi.

Sementara itu, jam operasional mal yakni 11. 00 WIB hingga 20. 00 WIB setiap harinya termasuk di libur nasional.

Jelang pembukaan belakang hari, pemandangan serupa ditemukan dalam Senayan City. Sejumlah pengunjung mendekati gerai makanan dan minum serta produk kebutuhan rumah tangga. Kondisinya, tak begitu ramai meskipun simpulan pekan.

Pengelola mal sedang membatasi akses ke lantai-lantai lainnya, selain LG. Eskalator akses ke lantai tersebut dimatikan serta dikasih pembatas. Hanya tampak, beberapa aparat kebersihan bolak-balik ke lantai itu dengan membawa alat kebersihan.

Sejumlah pemilik gerai, juga tampak mempersiapkan toko mereka menyambut pembukaan esok hari. Mereka memasang keterangan untuk tempat duduk yang dilarang. Selain itu, mereka menyediakan pemisah antrian pengunjung.

Pengelola mal juga menyediakan bukti pembatas pada tempat duduk ijmal yang banyak digunakan pelanggan, cantik di dalam mal maupun daerah tunggu di luar mal. (ulf/agt)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.