Mengerikan Keracunan Gas dan Jalan Mengatasinya

Jakarta, CNN Indonesia —

Keracunan atau intoksikasi gas diartikan sebagai terhirupnya udara bercampur racun yang berbahaya bagi tubuh, indah secara sengaja maupun tidak sengaja. Zat beracun itu kemudian beredar dalam pembawaan dan menyebabkan gejala rendah tertentu.

Kurang jenis zat beracun nyata gas yang biasa ditemukan di sekitar adalah karbon monoksida (CO). Zat tersebut ada dalam gas buang kendaraan bermotor dan gas LPG rumah tangga.

Selain keracunan udara CO, kasus keracunan gas terjadi juga sering dijumpai di industri. Kasus yang baru terjadi yakni keracunan gas caustic soda terjadi di Karawang, Jawa Barat pada Kamis (3/6) morat-marit. Dikabarkan 80 warga merasai sesak napas dan 22 orang dirawat di sendi sakit.


Caustic soda sendiri dikenal juga dengan istilah soda api atau senyawa kimia bernama natrium hidroksida. Mengambil laman Center for Disease and Prevention Control ( CDC ), senyawa ini bersifat korosif dan menyebabkan iritasi di mata, kulit, dan selaput lendir; reaksi alergi; tanda dan kulit terbakar; dan kerontokan rambut sementara.

Keracunan gas bisa berakibat fatal bagi awak. Gejala keracunan bisa sekadar ringan seperti pusing dan mual. Namun, jika tidak segera mendapat penanganan medis, maka bisa merenggut nyawa. Oleh karenanya, keracunan harus segera mendapat pertolongan medis.

“Keracunan udara itu ada banyak jenisnya. Tapi apa pun itu, kalau terhirup dan dibawa darah, dia akan merusak sistem saraf pusat, sistem kardiovaskuler, sistem ginjal, mematok fatal dan menyebabkan maut, ” kata dokter ahli emergensi Tri Maharani masa dihubungi CNNIndonesia. com , Jumat (4/6).

Zat beracun apa pun yang menyelundup dalam darah dapat menerbitkan pembuluh darah menyempit serta gangguan kerja jantung sehingga menyebabkan sesak napas. Jika tidak ditangani segera, keracunan bisa meregang nyawa.

Keracunan gas juga bisa menyebabkan seseorang merasai defisit memori atau status seseorang melupakan apa dengan baru saja dia alami. Pada kasus ini, CO atau zat racun lainnya sudah mulai mengganggu fungsi otak. Jika dibiarkan, intoksikasi dalam jumlah besar bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran dan kehilangan nyawa.

Kemaluan Penanganan Cepat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.