Kongsi Belum Hitung Kerugian Akibat Penjemputan Rizieq

Kongsi Belum Hitung Kerugian Akibat Penjemputan Rizieq

Jakarta, CNN Indonesia —

Sejumlah   maskapai penerbangan mengaku menderita kemalangan akibat kerumunan massa penjemput Rizieq  Shihab   yang menimbulkan kemacetan di jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta   dan membuat beberapa rancangan penerbangan tertunda pada Selasa (10/11).

Salah satu  kecelakaan disampaikan Garuda Indonesia. Namun, Eksekutif Utama Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyebut pihaknya belum melakukan hitung-hitungan akan berapa total penumpang dengan mengajukan pembatalan maupun penundaan amblas serta kerugian yang disebabkan sebab masalah itu.

Tempat bilang pihaknya masih fokus menyelenggarakan kebutuhan penumpang.



“Belum ngumpulin data. Ini masih fokus perkara penumpang, ” katanya kepada CNNIndonesia. com pada Selasa (10/11).

Hal serupa diungkapkan oleh Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro. Ia mengucapkan sejak pukul 04. 00 awut-awutan 12. 00 WIB, terjadi keterlambatan keberangkatan dengan rata-rata penundaan semasa 72 menit untuk Lion Minuman dan 62 menit untuk Menulis Air karena menunggu sejumlah pengikut yang terjebak kemacetan.

Jumlah keberangkatan dari Bandar Suasana Internasional Soekarno-Hatta pada jam operasional tersebut  terdampak sebanyak 43 penerbangan. Itu terdiri dari 17 penerbangan Lion Air dan 26 Penerbangan Batik Air.

Namun, ia tak bisa menyebutkan total kerugian yang ditimbulkan. “Mengenai hal tersebut, saya belum bisa memberikan keterangan, ” jelasnya.

Sementara itu Taat data dari Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Nusantara (Perum LPPNPI) atau AirNav Nusantara, setidaknya 27 penerbangan terkena konsekuensi dari kerumuman massa yang berlaku tadi pagi.

Direktur Utama AirNav Indonesia M. Pramintohadi Sukarno menyebut berdasarkan data dengan dimiliki pihaknya, hingga Selasa pukul 09. 00 WIB ada kongsi yang mengajukan 27 permintaan janji keberangkatan (delay departure) dengan sama waktu 1 sampai dengan 2 jam.

“Secara teknis, prosedur air traffic flow management (ATFM) yang dilakukan melalui penggunaan slot time penerbangan berbasis daring CHRONOS kami optimalkan menyesuaikan hasil kegiatan massa tersebut dan aturan kesehatan yang saat ini valid di sektor penerbangan nasional, ” katanya seperti dikutip dari rilis.

[Gambas:Video CNN]

(wel/agt)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.