Khawatir Efek Samping Pfizer, Malaysia Tunda Vaksinasi Remaja

Jakarta, CNN Nusantara —

Malaysia   menangguhkan rencana  vaksinasi corona anak berusia 12 hingga 17 tahun usai Amerika Serikat melaporkan komplikasi jantung pada remaja penerima Pfizer .

Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan, berdasarkan petunjuk AS, ditemukan kasus miokarditis atau radang jantung di dalam 40 kasus per mulia juta dosis vaksin Pfizer yang diberikan pada pria berusia 12 hingga 29 tahun.

“Kejadian ini meski dalam jumlah kecil, masih mengkhawatirkan, dan Satgas menyarankan agar kita menunggu dan mendapatkan keterangan dari negara lain pra memutuskan untuk melanjutkan vaksinasi remaja, ” kata Khairy, seperti dilaporkan Malay Mail , Rabu (28/7).


Pemerintah Malaysia baru sekadar membuka pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk remaja di pelaksanaan MySejahtera usai mengantongi kerelaan dari Regulasi Farmasi Nasional (NPRA) untuk penggunaan vaksin Pfizer.

Walaupun tak ada efek bibir yang dilaporkan berkembang menjadi penyakit serius hingga menyebabkan kematian, kata Khairy, efek jangka panjang yang belum diketahui dari miokarditis serta perikarditis terhadap remaja melaksanakan pemerintah menghentikan rencana tersebut.

Dia selalu mengakui temuan itu mempengaruhi rencana pemerintah yang mau menginokulasi siswa yang mau mengikuti ujian nasional.

“Kami ingin menyampaikan vaksin kepada siswa Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) namun setelah mendapat pandangan sejak para ahli termasuk lihai jantung anak, pemerintah membatalkan untuk lebih berhati-hati perlu para remaja, ” ujarnya.

Khairy yang juga Menteri Koordinator Rencana Vaksinasi Covid-19 Nasional (PICK) mengatakan Komite Khusus Penyedia Vaksin (JKJAV) akan menyingkirkan pedoman klinis untuk bani usia 12-17 tahun.

Meski demikian, lanjut Khairy, vaksin corona langgeng akan ditawarkan secara sukarela bagi remaja yang memiliki komorbid dan termasuk kaum berisiko tinggi tertular Covid-19.

“Remaja secara penyakit kronis dan mereka yang kekebalannya terganggu akan ditawarkan vaksin Covid-19, & itu hanya akan tersedia untuk kelompok remaja terbatas saat ini, ” kata Khairy dikutip dari The Edge Markets.

(isa/dea)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.