Kemenag Cairkan Rp3, 6 Triliun Dana BOS Madrasah Swasta

Jakarta, CNN Indonesia —

Kementerian Agama ( Kemenag ) mulai mencairkan perkiraan senilai Rp3, 6 triliun bantuan operasional sekolah ( BOS ) bagi langgar swasta pada  Rabu (31/3).

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag A. Umar mengatakan bahwa pencairan dana BOS akan diberikan secara langsung dari pusat. Mekanisme penyaluran itu berbeda lantaran tahun sebelumnya yang menggunakan Kantor Kemenag tingkat kabupaten, kota atau provinsi.

“Insya Allah, tidak kurang dari Rp 3, 6 triliun dana PEMIMPIN bagi madrasah swasta mau mulai dikucurkan besok cepat, ” kata Umar di keterangan tertulis, Selasa (30/3) malam.


Melalui metode baru ini, Umar berniat penyaluran dana BOS diawasi dengan baik. Pihaknya pula meminta agar madrasah sanggup memanfaatkan dana BOS secara optimal.

Dia meminta agar dana MAJIKAN digunakan untuk menunjang cara pembelajaran dan prestasi para-para siswa. Mantan Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Grobogan tersebut juga meminta pihak madrasah tak mengabaikan peran penting para operator di pada setiap madrasah.

“Saya mohon dengan hormat, para-para kepala madrasah kami titip satu, yaitu dana bos ini betul-betul habis tapi bermanfaat, ” kata Umar.

Sementara itu, dia juga menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah memberlakukan mekanisme digital, baik dalam sistem penanganan maupun pelaporan. Nantinya, kata dia, pelaporan buatan penggunaan dana BOS dilakukan lewat aplikasi yang melekat.

“Nantinya sistem pelaporan tidak lagi dijalankan secara manual. Tapi telah menggunakan aplikasi digital. Tersebut salah satu inovasi kita untuk memperbaiki tata kelola madrasah, ” tuturnya.

(thr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.