Kelakuan Irjen Rudy, Dicopot dari Polda Jabar terkait Prokes

Kelakuan Irjen Rudy, Dicopot dari Polda Jabar terkait Prokes

Jakarta, CNN Indonesia —

Mabes Polri   mencopot Irjen Penuh Rudy Sufahradi dari jabatan Kapolda Jawa Barat. Dia dicopot terkait persoalan kedisiplinan penegakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 .

Pencopotan itu dilakukan berdasarkan tulisan telegram Nomor ST3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020. Ia dimutasi  menjabat  Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat satu Sespim Lemdiklat Polri

Rudy sendiri menjabat Kapolda Menjelajahkan setelah dilantik saat Kapolri sedang dijabat Tito Karnavian pada 2 Mei 2019. Kala itu, adam yang dikenal juga dengan sebutan Rudy Gajah tersebut menggantikan Istimewa Maryoto yang dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri.


Sebelum menjelma perwira polisi nomor satu dalam Jawa Barat, perjalanan karier adam kelahiran Cimahi ini tak terlepas dari Brimob. Melansir dari tribratanews. jabar. polri. go. id, pekerjaan jebolan Akpol 1999 ini pernah menjabat Komandan Peleton Brimob Kie 516 Kelapa Dua (1988).

Setelahnya, kiprah Rudi Gajah tercatat memegang sejumlah jabatan Brimob di POlda Metro Jaya, Polda Papua, hingga Polda Maluku. Capaian tertingginya di satuan ini ialah saat menjabat Kepala Korps Brimob (2018-2019). Rudi Gajah memimpin Koprs Brimob itu menggantikan pendahulunya, Keinginan Ismail.

Dalam perjalanan kariernya, Rudy juga pernah menjabat Kapolres Poso (2005), Wakil Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya (2007), Kadensus 88 Antiteror Polda Metro Jaya (2007), Kapolres Metro Jakarta Utara (2009), Eksekutif Pembinaan Kemampuan BNPT (2010-2016), dan Kapolda Sulawesi Tengah (2016-2018).

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Jabar menggantikan Agung Maryoto, Rudy sempat menduduki singkat jabatan Asisten Operasi Kapolri (2019).

Kini, berdasarkan telegram Polri tersebut, jabatan Kapolda Jabar yang ditinggal Rudi Gajah diisi Irjen Penuh Ahmad Dofiri. Sebelum jadi orang nomor satu di Polda Jabar, Dofiri pernah memimpin dua polda yakni Polda Yogyakarta dan Polda Banten pada 2016 lalu.

Jabatan Dofiri saat ini sebelum nanti dilantik jadi Kapolda Menggambarkan nanti adalah Asisten Logistik Kapolri.

Selain Rudi, menggunakan telegram yang sama Mabes Polri juga mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana. Sebanding seperti Rudy, Nana pun dinilai lalai menegakkan protokol kesehatan.

“Ada dua Kapolda dengan tidak melaksanakan perintah dalam mendirikan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat, ” kata Kepala Divisi Humas Polda Metro Jaya Irjen Argo Yuwono kepada wartawan, Senin (16/11).

Polri tak merinci kasus pelanggaran yang membuat keduanya dicopot. Namun seolah-olah diketahui, kegiatan Imam Besar FPI Rizieq Shihab dalam sepekan belakangan menuai pro-kontra karena mengundang kelompok massa di masa pandemi.

Kegiatan Rizieq yang terakhir kembali setelah lebih dari tiga tahun menetap di Arab Saudi itu mengundang kerumunan massa jalan di Jakarta maupun di Enau, Jawa Barat.

Menggambarkan sendiri merupakan salah satu daerah yang paling terdampak penyebaran covid-19. Pada Oktober lalu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengumumkan ada 637. 102 penduduk yang melanggar adat kesehatan di wilayahnya.

Hingga hari ini, kasus corona di sana terbilang masih murni. Yakni mencapai 44. 491 kasus positif, dengan 33. 924 peristiwa di antaranya sembuh dan 804 kasus meninggal.

(fey/kid)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.