Ikhtisar Film Black Swan, antara Intensi dan Delusi

Ikhtisar Film Black Swan, antara Intensi dan Delusi

Jakarta, CNN Indonesia —

Film   Black Swan mengungkap sisi asing kehidupan seorang  balerina yang mencari jalan keras demi tampil sempurna untuk mendapatkan sebuah peran penting.

Jatuh bangun usaha sang balerina pun tidak mudah, apalagi penuh dengan hal-hal di sungguh dugaan. Berikut sinopsis film Black Swan.

Cerita ini berfokus pada sosok Nina Sayers (Natalie Portman) seorang penari di studio balet New York, yang mempersiapkan diri untuk pementasan bertajuk Swan Lake Tchaikovsky.


Semua berawal dari Thomas Leroy (Vincent Cassel) yaitu sutradara artistik studio balet New York. Dirinya memberi kabar kepada seluruh balerina bahwa akan ada pementasan tinggi.

Tema pilihan Thomas ialah Swan Lake Tchaikovsky. Dia membuat tampilan berbeda pada pentas kali ini, setelah memberhentikan balerina sebelumnya Beth MacIntyre (Winona Ryder).

Musim baru Swan Lake Tchaikovsky, Thomas ingin sosok balerina yang mampu berperan ganda menjadi white swan berkarakter jelita dan black swan dengan petunjuk khas sensual.

Pekerjaan karakter bagi kedua peran tersebut dimulai dengan audisi. Nina Sayers (Natalie Portman) yang mendedikasikan hidupnya sebagai penari, mencoba tampil maksimal supaya bisa terpilih.

Black Swan (2010) Foto: Fox Searchlight Pictures
Sinopsis film Black Swan:   Nina merasa tertekan sampai dirinya mengalami halusinasi dan berdelusi  setiap saat.

Mau tetapi, Thomas sang sutradara artistik menilai bahwa Nina hanya siap menjiwai satu karakter yaitu white swan dan kurang cocok untuk menjadi black swan.

Selepas audisi, Nina masih terus berusaha meyakinkan Thomas. Tapi lagi-lagi, Thomas mengatakan bahwa black swan kurang tepat bagi Nina.

Keesokan harinya, Nina memeriksa sedikit berpenampilan menggoda demi menetapkan Thomas. Sampai akhirnya Thomas pula mencium Nina secara paksa.

Kejadian itu membawa Nina mendapat peran utama sebagai swan queen dan ditandai dengan suatu pesta penyambutan sekaligus melepas masa pensiun Beth MacIntyre (Winona Ryder).

Musim baru untuk Swan Lake Tchaikovsky dimulai dengan latihan. Namun ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk Nina kerjakan.

Sifat Thomas si perfeksionis membuat Nina merasa tertekan sampai dirinya mengalami gangguan visi dan berdelusi tinggi setiap zaman.

Sikapnya yang mungkin berubah dan temperamen membuat Erica (Barbara Hershey) ibunya Nina was-was sampai bersikap terlalu protektif.

Gangguan psikis tersebut tak terhindarkan dalam diri Nina, mematok dihantui oleh pikiran jahat dengan menuntut dirinya sempurna mendalami kedudukan ganda sebagai white swan dan black swan.

Black Swan (2010) Foto: Fox Searchlight Pictures
Sinopsis film Black Swan: Kekacauan psikis yang dialami Nina membuatnya dihantui oleh pikiran jahat 

Awal kisah dalam ikhtisar film Black Swan ini ditulis oleh Andres Heinz, kemudian dibawa menjadi sebuah film layar lebar karya sutradara Darren Aronofsky, dengan genre horor psikologis.

Dalam proses produksi black swan, Darren tidak sendiri. Melainkan bekerja sama dengan Mike Medavoy, Arnold W. Messer, Brian Oliver mengikuti Scott Franklin, sebagai produser film itu.

Bintang hidup black swan ialah Natalie Portman (Nina Sayers), Mila Kunis (Lily), Vincent Cassel (Thomas Leroy), Barbara Hershey (Erica Sayers), Winona Ryder (Beth MacIntyre) dan lainnya.

Adu akting para aktris dan aktor yang mendalami karakter masing-masing dalam film  Black Swan mengantarkan usaha mereka pada penghargaan bergengsi.

Film Black Swan tayang secara perdana pada September 2010 di festival film Venesia, lalu resmi rilis untuk tayang secara meluas pada Desember 2010.

Sedangkan dalam Januari 2011, film black swan berhasil mendapat lima nominasi di dalam pagelaran Academy Awards.

Rentetan nominasi tersebut yaitu film terbaik, sutradara terbaik, aktris ulung, sinematografi terbaik serta penyuntingan film terbaik, dan pemeran terbaik untuk penampilan Portman.

Tak hanya berprestasi, hasil pendapatan film Black Swan juga meraup keuntungan yang melebihi total anggaran produksinya.

Meskipun tayang di dalam 2010 silam, film ini masih sangat layak tonton. Dilansir daripada Rotten Tomatoes, film Black Swan memiliki rating 87 persen dengan rata-rata 8, 2/10.

Setelah mengetahui sinopsis film Black Swan, Anda masih bisa menontonnya kembali melalui layanan streaming benar seperti Netflix.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.