Grandmaster Wanita Soviet Gugat Netflix soal Queen’s Gambit

Jakarta, CNN Nusantara —

Grandmaster catur asal Rusia Nona Gaprindashvili   menggugat  Netflix  lantaran disebut tak pernah melawan pecatur adam dalam serial The Queen’s Gambit .

Dikutip dari Guardian , gugatan sudah masuk ke pengadilan negeri federal di Los Angeles pada Kamis (16/9).

Objek gugatan tersebut sendiri ada dalam episode final serial tersebut. Elizabeth Harmon, yang diperankan  Anya Taylor-Joy,   dikisahkan pusat bertanding melawan juara catur Soviet dalam sebuah turnamen pada 1968.


Seorang komentator lalu mengatakan betapa tidak lazimnya seorang perempuan berkompetisi. “Ada Nona Gaprindashvili, tapi dia adalah juara dunia  perempuan  dan tidak pernah  melawan [pecatur] pria, ” lanjutnya.

Kamera kemudian beralih ke karakter dengan menyerupai Gaprindashvili yang duduk di antara penonton.

Padahal, di tarikh yang serupa, di dunia jelas, Gaprindashvili merupakan satu-satunya pecatur perempuan yang mengikuti International Tournament di Gothenburg, Swedia. Selama turnamen, ia melayani sembilan pecatur laki-laki serta mengungguli mereka hingga bisa meraih posisi ketiga.

Momen di episode final itu  pun menjadi objek gugatan pencemaran nama baik yang diajukan Gaprindashvili terhadap Netflix pada Kamis (16/9).

Di gugatannya, disebutkan bahwa  Gaprindashvili pernah melawan 59 pecatur laki-laki, termasuk 28 pecatur dalam pertandingan catur simultan, berikut 10 gelar grandmaster.

Gaprindashvili  meminta dialog itu sebagai “kebohongan yang menghancurkan, merusak dan merendahkan prestasinya di depan jutaan penonton. ” Untuk kerugian ini, ia menuntut Netflix sebesar US$5 juta (sekitar Rp71 miliar).

“Mereka mencoba [menggambarkan] karakter fiksi yang membuka jalan buat perempuan lain, padahal kenyataannya saya sudah merintis pekerjaan dan menginspirasi generasi. Itu ironis, ” kata dia dalam wawancara dengan The New York Times .

Queen’s Gambit merupakan serial yang rilis di Netflix pada 23 Oktober 2020. Diangkat dibanding novel karya Walter Tevis, Queen’s Gambit bercerita tentang Elizabeth Harmon, seorang pecatur jenius yang hidup cuma untuk catur sembari bertemu adiksinya terhadap obat & alkohol.

Serial ini pun mengantongi bermacam-macam penghargaan, termasuk Golden Globe Awards untuk kategori Best Limited Series or Television Film dan Best Actress-Miniseries or Television Film untuk Anya Taylor-Joy.

(els/arh)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.