Gibran Rakabuming Gelar Piala Walikota Solo 2021

Jakarta, CNN Indonesia —

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming  Raka   tengah menyiapkan  Piala Walikota Solo 2021 yang akan bergulir asal Juni mendatang.

Gibran mengatakan, Piala Walikota 2021 digelar sebagai ajang pemanasan untuk Persis Solo. Sebab, Laskar Sambernyawa itu belum sempat mengikuti sayembara sejak Liga 2 dengan berakhir November 2019 berserakan. Apalagi Persis Solo anyar saja belanja belasan pemain.

“Persis belum pernah ikut kompetisi dengan komposisi pemain yang mutakhir. Makanya harus ada perlawanan kompetitif, ” katanya sudah meninjau vaksinasi pemain Persis di RS dr Oen Solo, Jumat (28/5).


Ide menggelar Piala Walikota Solo 2021 mencuat sesudah Kota Solo berhasil mengimplementasikan Piala Menpora dari bagian penyisihan hingga final depan tahun ini. Berbekal kemahiran tersebut, Gibran optimistis turnamen ini akan berlangsung lancar di tengah pandemi Covid-19.

“Sama serupa Piala Menpora kemarin. Kita tetap tanpa penonton biar tidak ada kerumunan, ” katanya.

Rencananya, Piala Walikota Solo 2021 digelar awal Juni 2021. Gibran mengakui gelaran tersebut berdekatan dengan Liga 1 yang dijadwalkan 11 Juni 2021 – 11 Maret 2022. Namun putra Kepala Joko Widodo itu mengisbatkan Piala Walikota akan rampung sebelum Liga 1 dimulai.

“Kita kejar awal Juni besok. Nanti selesainya cepat kok. Oleh karena itu masih ada jeda sebelum Liga 1 dimulai, ” katanya.

Had saat ini, Gibran belum bisa memastikan berapa tim yang akan mengikuti Piala Walikota 2021. Ia berharap klub-klub dari Liga satu maupun 2 dapat berpartisipasi dalam laga persahabatan itu.

“Tapi kalau ada klub-klub lain yang mau ikut ya silakan. Saya tidak menutup kesempatan, ” katanya.

Beberapa waktu berarakan, Persib Bandung menyatakan tak akan mengikuti Piala Walikota Solo 2021 karena belum ada kepastian dari pemangku. Ditambah lagi, kondisi pandemi Covid-19 di tanah cairan dinilai menjadi faktor yang mempersulit terselenggaranya turnamen menepuk bola.

Menyikapi hal itu, Gibran tak terlalu mempermasalahkan absennya Maung Bandung dari Piala Walikota.

“Ya luput. Masing-masing tim kan punya strategi. Persib dan Persija kan kemarin sudah mengikuti pemanasan di Piala Menpora. Kalau sekarang mereka fokusnya untuk mengasah strategi, sungguh silakan, ” katanya.

[Gambas:Video CNN]

(syd/jun)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.