Faisal Basri Nilai Kemenangan Trump bakal Untungkan Ekonomi RI

Faisal Basri Nilai Kemenangan Trump bakal Untungkan Ekonomi RI

Jakarta, CNN Indonesia —

Ekonom Senior Faisal Basri   menilai Indonesia akan lebih diuntungkan  oleh  kemenangan kandidat petahana Donald  Trump dibandingkan Joe Biden di dalam Pemilihan Presiden ( Pilpres ) Amerika Serikat (AS) tahun ini.

Pasalnya, ia menyebut Golongan Demokrat pengusung Joe Biden, mengarah lebih ‘ribet’ dalam persyaratan usaha bilateral. Hal itu berbeda secara Partai Republik, partai pengusung Trump, yang lebih menekankan keuntungan bisnis.

“Saya enggak suka jawabannya, kalau Trump (menang) bertambah menguntungkan untuk Indonesia, ini dibanding pengalaman. Partai Republik kerjanya stimulus, cetak uang sehingga dolar AS merosot dan rupiah menguat tanpa usaha” katanya pada Diskusi Online bertajuk Resesi dan Percepatan Pemulihan Ekonomi, Rabu (4/11).



Kelompok Republik, sambung Faisal, memiliki niat menggelontorkan dana stimulus raksasa menetapkan memastikan bisnis-bisnis besar dapat berdiam.

Sementara, Demokrat cenderung menahan defisit fiskal dan memasang pajak orang kaya yang mau berdampak positif bagi perekonomian Kampung Paman Sam.

Tak hanya itu, Republik juga dinilainya rajin mencetak uang untuk pembiayaan fiskal. Hal ini, menjadikan dolar AS melemah dibandingkan dengan lupa uang dunia lainnya, termasuk rupiah.

Ujung-ujungnya, pemerintah MENODAI tak perlu kerja keras di upayanya menjaga nilai tukar timbil uang garuda.

[Gambas:Video CNN]

Jika Biden menang, Faisal khawatir faktor-faktor eksternal yang selama ini menguntungkan RI kala Trump menjabat gawat lenyap.

Seperti diketahui, AS telah mengadakan pemungutan perkataan pada Pilpres yang diselenggarakan pada 3 November waktu setempat.

Meski belum diketahui terang kapan hasil pemilu akan diumumkan, diperkirakan perhitungan akan memakan periode hingga akhir pekan. Pelantikan dijadwalkan pada 20 Januari 2021 mendatang.

(wel/sfr)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.