DKI Lebarkan Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Akhir Pekan Ini

DKI Lebarkan Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Akhir Pekan Ini

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemerintah Provinsi DKI   Jakarta berencana memperlebar  jalur sepeda di Kawasan Sudirman-Thamrin pada akhir pekan ini. Pelebaran jalur ini  merespons  tingginya animo  bersepeda di tengah pandemi  virus corona .

Kepala Dinas Pertalian DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, dari hasil evaluasi, jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin pada Minggu (12/7)  mengalami peningkatan volume pesepeda.

“Karena kemarin memang yang disiapkannya cuma satu lajur, tentu terlihat penuh. Karena itu untuk Minggu besok kita akan perlebar untuk carik sementaranya, ” ujar Syafrin masa dihubungi, Rabu (15/7).


Jalur sementara sepeda di tempat Sudirman-Thamrin pada akhir pekan dimaksudkan untuk menggantikan kegiatan Hari Selamat Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD). Akibat pandemi corona, CFD di jantung tanah air Jakarta itu ditiadakan sementara, pokok berpotensi menjadi pusat penyebaran virus.

Lebih lanjut Syafrin mengatakan bahwa pelebaran jalur roda di kawasan Sudirman-Thamrin itu serupa sebagai upaya pemerintah menyediakan instrumen bagi warga yang ingin berolahraga.

“Bahwa kita pahami, di tengah pandemi Covid-19 tersebut warga terus harus jaga kebaikan, nah dengan bersepeda tentu dengan bersangkutan bisa jaga jarak aman dengan terus tetap jaga kebugarannya, jadi difasilitasi, ” tuturnya.

Kendati memperlebar jalur roda, Syafrin menegaskan bahwa belum akan membuka kembali kegiatan CFD pada kawasan Sudirman-Thamrin pada akhir pekan.

“Pelari tentu tak diperbolehkan, tapi pejalan kaki mereka wajib ada di trotoar serta tidak boleh kongko  atau berhenti, berkerumunan, ” ujar Syafrin.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya Dishub DKI sempat berencana menghilangkan jalur sepeda dalam Sudirman-Thamrin. Namun, hal tersebut keputusannya urung dilaksanakan.

“Sebelumnya yang Sudirman-Thamrin kami evaluasi, tercatat di dalamnya rencana dihilangkan, tapi kemudian pola ini kita hendak uji coba, besok itu tidak dihilangkan tapi ditambah jalurnya biar para pesepeda itu mampu bergerak tanpa harus terjadi penumpukan, ” ungkap dia.

(dmi/wis)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.