Daya Minyak di Lapangan Camar Raib 27, 5 Ribu Barel

Daya Minyak di Lapangan Camar Raib 27, 5 Ribu Barel

Jakarta, CNN Indonesia — Dasar Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Cara Hulu Minyak dan  Gas Bumi ( SKK Migas ) memperkirakan daya produksi  minyak yang hilang lantaran Lapangan Camar bagian wilayah kegiatan Bawean di Jawa Timur menyentuh 27, 5 ribu barel dan gas 110 MMSCF.

Potensi hilang karena Lapangan Besar perut terbakar pada 29 Februari berantakan.

Deputi Berdiam SKK Migas Julius Wiratno mengutarakan potensi hilang ini sebenarnya tidak terlalu besar. Sebab, produksi migas di lapangan tersebut hanya kira-kira 500 barel per hari dan 2 MMSCFD. Namun, pemulihan memerlukan waktu yang tak sebentar.



“Jadi produksinya benar tidak besar, tapi sudah perut bulan tidak operasi, estimasinya (kehilangan potensi produksi) bisa sampai 27. 500 barel, ” ujar Julius dalam rapat virtual dengan Upah VII DPR, Selasa (28/4). Lebih lanjut, Julius memproyeksi produksi migas baru bisa berjalan lagi pada Juli 2020.   Pasalnya, masa ini proses pemulihan masih terus dilakukan.

“Perkiraannya (perbaikan) sumur bisa selesai dua minggu lagi. Saat ini kami cukup test untuk CS-2, harapannya mampu kembali lagi (operasi) pada Juli 2020, ” katanya.

Ia pun mengungkap kronologi terbakarnya Lapangan Camar. Mulanya, salah satu rig berubah posisi menjadi miring akibat penetrasi tinggi saat penjagaan sistem.

Rig kemudian menabrak salah satu maklumat dan menimbulkan percikan api mematok kebakaran. Saat itu, sambungnya, pekerja langsung menonaktifkan sistem dan memanggil pemadam.

[Gambas:Video CNN]
“Jarak rig dan platform saat check up sekitar 10 feets, 3 meter kurang lebih. Lalu saat amblas sedalam 5 feets, hampir 2 meter lebih, kurang lebih begitu kronologinya, ” tuturnya.

Julius mengatakan proses pemadaman kebakaran dengan terjadi pada Sabtu (29/2) memukul 15. 30 WIB itu mutakhir benar-benar selesai pada Minggu (1/3) pukul 04. 00 WIB. Tetapi dipastikan, katanya, tidak ada target jiwa maupun luka. (uli/agt)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.