Bulan berkat dan Pengajian Online di Newcastle

Bulan berkat dan Pengajian Online di Newcastle

Jakarta, CNN Indonesia — Pemberlakuan penguncian wilayah ( lockdown ) selama tiga pekan dan penutupan sementara langgar untuk mencegah penularan  virus corona tidak membuat umat Islam dalam Newcastle, Inggris , kehilangan semangat menyambut Ramadan .

Untuk mengisi zaman umat Muslim setempat selama Bulan berkat, Masjid Raya Newcastle membuat terobosan dengan menyampaikan ceramah dan wujud pengajian melalui dunia maya.

“Masjid Raya Newcastle mau memberikan layanan kepada para kelompok meski di tengah situasi dengan sulit dan tidak menentu seperti saat ini, ” kata imam Masjid Raya Newcastle, Abdul Basith Mohammad, seperti dilansir The Northern Echo , Rabu (22/4).



Abdul berharap kaum muslimin di Newcastle memakai sarana teknologi untuk tetap mampu bersilaturahim dengan sanak saudara, buat mengganti ajang buka puasa berhubungan yang lazim dilakukan sepanjang Bulan berkat.

“Meski bangunan masjid secara formal ditutup, masjid akan langsung menyediakan kelas mengaji daring untuk anak-anak, pengajian untuk umum, analisis khusus perempuan, konsultasi agama serta bekerja sama dengan lembaga kebaikan di tengah lockdown , ” ujar Abdul.

Abdul menyatakan para pemimpin masjid akan terus berupaya melayani jemaah selama Ramadan. Namun, tempat juga menganjurkan kepada umat Agama islam di Newcastle untuk menjalankan ibadah di rumah.

“Ambil kesempatan ini untuk menghabiskan masa yang berharga bersama orang tersayang di rumah, ” ujar Abdul.

Penasihat Kabinet untuk Transformasi Iklim dan Masyarakat, Clare Penny-Evans, memahami kesulitan yang dihadapi pengikut Islam di Newcastle dan semesta Inggris yang akan menghadapi Bulan berkat di saat wabah corona.

“Kami menyadari Ramadan tahun ini akan berbeda, sebab tradisi berkumpul bersama saat berbuka, salat berjemaah di masjid dan meluluskan bantuan tidak akan terjadi buat sementara, ” kata Clare.

“Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, kami mendoakan supaya segenap umat Islam menjalankan Ramadan dengan damai dan aman, ” ujar Clare. (ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
Info lainnya bisa dibaca Slot Online

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.