Badai Laura Hantam AS, Corona Persulit Evakuasi Warga

Badai Laura Hantam AS, Corona Persulit Evakuasi Warga

Jakarta, CNN Indonesia —

Bertambah dari 1, 5 juta penduduk Texas dan Louisiana,   Amerika Serikat dievakuasi saat  Badai Laura yang dahsyat mendekati pantai & pandemi  virus corona menambah muatan kerumitan.

“(Corona) menambahkan kerumitan, itu tantangan, ” sekapur pelaksana tugas Wali Kota Galveston, Craig Brown dikutip dari CNN , Kamis (27/8).

Brown menjelaskan bahwa pihaknya telah menyediakan bus bunga untuk mengangkut orang keluar lantaran titik bahaya terjangan badai itu.


Hal tersebut prawacana Brown dilakukan agar antara satu orang dengan yang lain tentu bisa menjaga jarak.

Menurut dia ada hotel yang telah disediakan sebagai penampungan. Tiap kamar hanya mampu ditempati satu orang.

Selain itu pemerintah setempat serupa telah menyediakan mobil ambulans sebagai antisipasi keadaan darurat. “Bagi mereka yang membutuhkan isolasi saat mereka diangkut keluar pulau. ” 

Hal serupa juga berlaku di Lousiana. Penduduk dievakuasi ke hotel, bukan tempat penampungan karena khawatir penyebaran Covid-19.

“Kami menghindari kerumunan, ” perkataan direktur komunikasi di Kantor Gubernur Keamanan Dalam Negeri, Mike Steele.

Gubernur Lousiana, John Bel Edwards mengutarakan sekitar 2. 000 kamar hotel telah diamankan sebagai tempat pengungsian.

Negara bagian Lousiana sendiri saat ini tengah mencari jalan untuk menyediakan lebih banyak zona hotel jika satu waktu diperlukan. Hotel-hotel  yang tersebar di Baton Rouge, Louisiana, telah dipesan,

Tempat penampungan di Austin Regional Sheltering System sendiri dikenal sudah mencapai kapasitas maksimal.

“Pengungsi #HurricaneLaura, silakan lanjutkan perjalanan ke Utara dan hubungi 2-1-1 untuk informasi lebih tinggi tentang lokasi penampungan alternatif, ” cuit akun twitter kota tersebut.

Badai Laura tiba menghantam wilayah Louisiana pada Kamis dini hari dan memicu peringatan gelombang laut yang tak sanggup dihindari.

National Hurricane Center mengatakan Laura masuk dalam badai kategori 4 dan membawa angin berkecepatan 240 km per jam.

Hujan deras hingga banjir bandang terjadi di Louisiana dan NHC  membuat warga di pesisir dievakuasi. Pemerintah Texas menyebut kekuatan Topan Laura saat ini belum sudah terjadi sebelumnya.

Sekitar 1. 000 anggota Garda Nasional, 20 pesawat, dan 15 awak perlindungan telah dikirim ke Texas untuk membantu proses tanggap kritis akibat badai tersebut.

(ndn/dea)

[Gambas:Video CNN]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.