Alvin Tehupeiory Gagal Fokus di Olimpiade Tokyo

Jakarta, CNN Indonesia —

Sprinter putri Indonesia Alvin Tehupeiory   minta maaf usai patah pucuk menembus semifinal nomor mangkir 100 meter putri  Olimpiade Tokyo 2020, Jumat (30/7). Alvin mengaku sulit fokus di pertandingan.

Setelah finis ke-3 di babak kualifikasi, Alvin mengakhiri heat kedua fragmen pertama nomor 100 meter putri di posisi terakhir dengan catatan waktu 11, 92 detik.

“Kepada masyarakat Indonesia yang selama ini telah mendoakan dan mendukung, saya minta maaf karena saya belum bisa memberikan yang ulung. Semoga ke depannya beta bisa tampil lebih molek lagi, ” ujar Alvin usai pertandingan, Jumat (30/7).


Alvin sempat beriring-iring hingga 30 meter prima. Setelah itu sprinter 26 tahun tersebut mulai primitif dan akhirnya finis di posisi terakhir. Pada ronde kualifikasi Alvin menyelesaikan balapan dengan torehan waktu 11, 89 detik, sedangkan pesan terbaiknya adalah 11, 64 detik.

“Saya masih belum fokus [saat bertanding]. Masih memikirkan lainnya. Selain itu, selama pandemi tidak ada perlombaan jadi agak kaget karena tak ada pengalaman berlomba, ” ucap Alvin.

Alvin bukan atlet yang dipersiapkan tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Catatan waktunya tak menembus limit Olimpiade, yakni 11, 15 denyut. Atlet yang juga anggota Tentara Republik Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) tersebut tampil di Olimpiade Tokyo lewat jalur universalitas.

PB PASI mengajukan nama Alvin ke panitia Olimpiade (TOCOG) jadi pengganti Emilia Nova setelah atlet lari gawang tersebut mengalami cedera. Alvin awalnya juga bukan atlet lari 100 meter. Sebelum 2019,   spesialisasinya adalah 400 meter lari gawang. Pertarungan Nasional 2019 membuatnya memutar haluan. Menembus waktu 11, 64 detik nomor 100 meter putri membuat Alvin didukung banyak kalangan ganti nomor.

“Saya tidak terbayang bisa tampil di Olimpiade. Banyak atlet yang ingin tampil dalam Olimpiade. Awalnya saya hanya ingin mengharumkan nama Indonesia saja, tapi tidak terpikir bisa sampai Olimpiade, ” ucap Alvin.

Salah utama hal yang membuat Alvin gembira tampil di Olimpiade Tokyo adalah bisa bertemu Elaine Thompson-Herah, yang mengalahkan heat kedua babak mula-mula.   Elaine adalah sprinter Jamaika yang menempati status dua dunia  dan salah satu idola Alvin.

“Yang pasti senang sekali mampu bertemu langsung dengan Elaine Thompson. Ini jadi piawai berharga buat saya biar ke depan saya bisa tampil lebih baik. Kami bisa melihat cara dia pemanasan, caranya keluar lantaran starting block , dan bagaimana tempat menenangkan diri. Dia selalu ramah dan membalas saat saya menyapa, ” perkataan Alvin.

[Gambas:Video CNN]

(abd/har)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.